menggunakan toolbar pada ms word

Menggunakan Toolbar pada Ms Word

Minggu, 20 Februari 2011

1.2. Toolbar
Bagian ini berisi tombol-tombol bergambar ( shortcut icon ) yang memiliki fungsi tersendiri. Dalam Microsoft Word sedikitnya terdapat tiga toolbar utama, yaitu : Standar toolbar, Formating toolbar, dan Drawing toolbar.
 Standar toolbar
Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumen secara menyeluruh.



Shortcut icon yang terdapat pada standar toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut:
New Blank Document, Untuk menampilkan lembar kerja baru
Open, Untuk membuka berkas dokumen
Save, Untuk menyimpan berkas dokumen yang sedang dibuat
E-mail, Untuk mengirim isi dari dokumen sebagai pesan e-mail
Print, Untuk mencetak berkas dokumen
Print Preview, Untuk melihat hasil berkas dokumen sebelum dicetak
Spelling and Grammer, Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat
Cut, Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard
Copy, Untuk menyalin objek ke dalam clipboard
Paste, Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard
Format Painter, Untuk menyalin format objek atau teks
Undo, Untuk membatalkan perintah terakhir
Redo, Untuk kembali pada perintah terakhir
Insert Hyperlink, Menyisipakan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain
Tables and Borders, Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar tabel-border
Insert Table, Untuk menyisipkan tabel
Insert Excel Worksheet, Untuk menyisipkan lembar kerja Microsoft Excel
Columns, Untuk melakukan pengaturan kolom koran
Drawing, Untuk menampilkan atau menyembunyikan menu Drawing
Document Map, Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung
Show/Hide, Untuk menampilkan atau menyembunyikan karakter-karakter yang tidak dicetak dan teks yang tersembunyi.
Zoom, Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan are kerja
Microsoft Word Help, Untuk meminta bantuan.

 Formating toolbar
Formating toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada dokumen aktif.

Gambar 2.9 : Formatting toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada Formating toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut:
Style, Untuk memilih gaya pada paragraf
Font, Untuk menentukan jenis huruf
Font Size, Untuk menentukan ukuran huruf
Bold, Untuk membuat huruf atau teks cetak tebal
Italic, Untuk membuat huruf atau teks cetak miring
Underline, Untuk membuat garis bawah
Align Left, Untuk membuat teks atau paragraf rata kiri
Center, Untuk membuat teks atau paragraf pada posisi center
Align Right, Untuk membuat teks atau paragraf rata kanan
Justify, Untuk membuat teks atau paragraf rata kiri dan kanan
Numbering, Untuk membuat penomoran pada teks atau paragraf
Bullets, Untuk membuat penandaan pada teks atau paragraf
Decrease Indent, Untuk menggeser left indent ke arah kiri
Increase Indent, Untuk menggeser left indent ke arah kanan
Outside Border, Untuk menampilakan/menyembunykan batas garis
Highlight (Teal), Untuk membuat penandaan pada teks
Font Color, Untuk mengatur warna pada huruf


 Drawing toolbar
Drawing toolbar berisi fasilitas serta perintah yang berhubungan dengan gambar atau objek.

Gambar 3.0 : Drawing toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada drawing toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut:
Draw, Merupakan pulldown menu yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan gambar atau objek
Select Objects, Pointer untuk melakukan proses selecting / selecting objek gambar
Free Rotate, Untuk menentukan ukuran huruf
AutoShapes, Pulldown menu yang berisi galeri bentuk-bentuk objek instant yang dapat dipilih secara otomatis
Line, Untuk membuat garis lurus secara vertikal, horizontal maupun diagonal
Arrow, Untuk membuat garis lurus dengan mata panah pada bagian ujungnya
Rectangle, Untuk membuat objek kotak ( persegi atau bujur sangkar )
Oval, Untuk membuat objek oval atau lingkar
Text Box, Untuk membuat kotak yang dapat diisi teks di dalamnya
Insert WordArt, Untuk menyisipkan WordArt
Insert ClipArt, Untuk menyisipkan ClipArt
Fill Color, Untuk mengisi warna pada objek bidang
Line Color, Untuk memberi warna pada garis
Font Color, Untuk memberi warna pada font
Line Style, Untuk membuat pengaturan model garis
Dash Style, Untuk membuat pengaturan model garis putus-putus
Arrow Style, Untuk membuat pengaturan model mata panah
Shadow, Untuk menampilakan efek bayangan pada objek
3-D, Untuk menampilkan efek 3 dimensi pada objek

cara buat password(proteksi)file dokumen excel

Cara buat password (proteksi) file dokumen word dan excel 2003

Buat teman-teman yang masih pemula. Terkadang kita perlu memproteksi file (dokumen) word kita untuk menjaga agar file tersebut tidak diubah oleh orang lain. Secara default kita dapat memanfaatkan fasilitas proteksi dokumen yang telah disediakan oleh Microsoft Word.

Berikut cara membuat password file word:
1. Buka dokumen word yang akan diproteksi
2. Pada menu bar pilih Tools => Options..
Buat password word
3. Pada kotak dialog Options, pilih tab Security
a. Pada bagian password to open (masukkan password yang diinginkan)
b. Pada bagian password to modify (bisa diabaikan/dikosongkan jika anda tidak perlu memasukkan password pada saat akan melakukan modifikasi/ pengeditan)
c. Klik OK
Ketik password word4. Masukkan password yang telah diketik pada point 3
konfirmasi password word
5. Pada menu bar pilih File => save ( save as ) untuk menyimpan file
buka file word
6. Jika anda ingin memuka file tersebut anda harus memasukkan password, kotak dialog akan tampak seperti di bawah ini
Password saat buka file word

fungsi IF (CAUNTIF) MENGHITUNG HASIL UJIAN SISWA

Fungsi IF sederhana di excel 2007

Fungsi IF di microsoft excel 2007 dapat digunakan sebagai formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah.

Dalam contoh ini kita akan menggunakan fungsi IF untuk menentukan nilai kelulusan siswa,
Jika Nilai Ujian (kolom B) > 30 maka status kelulusan (kolom C), adalah lulus, sebaliknya jika <30 maka  "tidak lulus"

1. Buat tabel seperti di bawah ini
Kode Siswa, Nilai ujian dan status



2.Pada sel C3 ketik formula
=IF(B3>30,"lulus","tidak lulus") kemudian enter
Selanjutnya kopi formula hingga sel C10
Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini

Artikel Terkait:

Tutorial Microsoft Excel 2007
Panduan Microsoft Excel 2007


pengenalan microsoft word

MS WORD 1- pengenalan MS WORD 2007

A. PENDAHULUAN
Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.
Microsoft Word 2007, selanjutnya disebut Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan diberbagai bagian sehingga menyediakan fleksibilitas yang lebih tinggi dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya. Kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program Word 2007 dan fasilitas lainnya akan di bahas lebih lanjut.
B. MEMULAI MS WORD 2007
Word 2007 baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Word 2007 sebagai berikut ;
1.     Aktifkan Komputer
2.     Klik tombol Start yang ada pada taskbar
3.     Muncul sejumlah menu, pilih All Programs
4.     Klik Microsoft Office
5.     Klik Microsoft Word 2007
6.     Tunggu hingga tampil layar Microsoft Word 2007 yang masih kosong. (Lihat gambar 2)
7.     Microsoft Word 2007 siap untuk digunakan.
8.     Klik Microsoft Office
C. MENU BAR
Menu Bar, berisi daftar menu yang dapat kita gunakan, dimana menu ini mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Home memiliki sub menu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing.
Dalam setiap sub menu terdapat berbagai icon. Untuk mengetahui nama dari icon-icon tersebut dapat dilakukan dengan mengarahkan pointer mouse pada icon yang dituju, tunggu sesaat sehingga tampil nama dari icon tersebut. Misalnya kita arahkan pointer mouse pada icon yang bergambar huruf “B” dalam sub menu Font, maka akan keluar informasi nama dari icon tersebut yaitu Bold (Ctrl+B). Ini berarti icon tersebut berfungsi untuk menebalkan huruf, sedang (Ctrl+B) menunjukkan cara lain untuk operasi menebalkan huruf tanpa klik dari mouse.
Word 2007 secara standar terdiri dari  menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, dan Add-Ins.
D. MENGAKHIRI WORD 2007
Langkah yang digunakan untuk mengakhiri word 2007 adalah:
1.     Simpan lembar kerja dengan mengklik office button (di pojok kiri atas), pilih menu Save (untuk file lama) atau Save As (untuk file baru). Word 2007 otomatis akan menyimpan file dalam versi 2007 tetapi memberikan pilihan penyimpanan lembar kerja ke dalam versi dibawahnya (word 97 – 2003) untuk memudahkan membuka file di versi word yang lain.
2.     Pilih salah satu langkah untuk mengakhiri penggunaan Word 2007 berikut ini ;
a.     Pilih dan klik Office Button à Close, atau
b.    Klik tombol Close (X) yang berada pada pojok kanan atas jendela Word, atau
c.     Pilih dan klik Office Button à Exit word
3.     Tunggu sampai jendela Word 2007 ditutup.
E. MEMBUAT DOKUMEN BARU
Sewaktu mengaktifkan program Word 2007 otomatis dibuka lembar kerja baru dengan nama document1. Untuk mengubah nama ini dapat dilakukan pada saat penyimpanan lembar kerja.
Bila ingin membuka lembar kerja baru disaat Word 2007 telah aktif untuk mengerjakan dokumen lain dilakukan dengan klik Office Button à New. Bila yang ingin dibuka adalah file yang telah tersedia dalam penyimpanan maka klik Office Button à Folder, kemudian cari dimana file yang diinginkan.

 
Design by Game PC | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal